Sunday, December 7, 2014

PEKERJAAN KANTOR



MENGIDENTIFIKASI PEKERJAAN KANTOR

A.      Jenis-Jenis Pekerjaan Kantor

a.       Menghimpun
Contoh: mengumpulkan data, mencari informasi, membuat kliping, serta mengumpulkan berita dan menyusunnya.
b.      Mencatat
Contoh: membuat surat, notula, mencatat kegiatan, dan membuat tulisan di berbagai media
c.       Menggandakan
Contoh: foto kopi, mencetak informasi dengan printer atau risograph
d.      Mengirim
Mengirim surat lewat pos, faksimile, email dan mendistribusikan informasi
e.      Menyimpan
Contoh: menyimpan surat/arsip, menyimpan data/informasi ke komputer dan menyusun buku di perpustakaan
f.        Melakukan komunikasi
Contoh: bertelepon, korespondensi, chatting dan teleconference
g.       Menghitung
Contoh: menghitung data penjualan, keuangan, dan jumlah sarana dan prasarana
h.      Pekerjaan lainnya
Contoh: pelayanan tamu, kurir dan petugas kebersihan kantor
Menurut George R. Terry, , persentase pekerjaan kantor untuk menunjang tugas utama perusahaan adalah :
1.       Typing                    : 24,6%
2.       Calculating            : 19,5%
3.       Checking               : 12,3%
4.       Filling                      : 10,2%
5.       Telephoning        :  8,8%
6.       Duplicating           :  6,4%
7.       Mailing                   :  5,5%
8.       Other                      : 12,7%
Total                        : 100%

B.      Ciri-Ciri Pekerjaan Kantor

1.       Bersifat pelayanan
2.       Terbuka dan luas
3.       Dilaksanakan oleh semua pihak dalam organisasi

No comments:

Post a Comment