MENGIDENTIFIKASI PEKERJAAN KANTOR
A. Jenis-Jenis Pekerjaan Kantor
a. Menghimpun
Contoh: mengumpulkan data, mencari informasi, membuat kliping, serta
mengumpulkan berita dan menyusunnya.
b.
Mencatat
Contoh: membuat surat, notula, mencatat kegiatan, dan membuat tulisan
di berbagai media
c.
Menggandakan
Contoh: foto kopi, mencetak informasi dengan printer atau risograph
d.
Mengirim
Mengirim surat lewat pos, faksimile, email dan mendistribusikan
informasi
e.
Menyimpan
Contoh: menyimpan surat/arsip, menyimpan data/informasi ke komputer dan
menyusun buku di perpustakaan
f.
Melakukan komunikasi
Contoh: bertelepon, korespondensi, chatting dan teleconference
g.
Menghitung
Contoh: menghitung data penjualan, keuangan, dan jumlah sarana dan
prasarana
h.
Pekerjaan lainnya
Contoh:
pelayanan tamu, kurir dan petugas kebersihan kantor
Menurut George R. Terry, , persentase pekerjaan kantor untuk menunjang
tugas utama perusahaan adalah :
1.
Typing : 24,6%
2.
Calculating : 19,5%
3.
Checking : 12,3%
4.
Filling : 10,2%
5.
Telephoning : 8,8%
6.
Duplicating : 6,4%
7.
Mailing : 5,5%
8.
Other : 12,7%
Total : 100%
B. Ciri-Ciri Pekerjaan Kantor
1. Bersifat pelayanan
2.
Terbuka dan luas
3. Dilaksanakan oleh semua pihak dalam organisasi
No comments:
Post a Comment