Tuesday, June 9, 2015

REVOLUSI NASIONAL CINA


Gerakan nasionalis Cina muncul di bawah pimpinan Dr. Sun Yat Sen. Gerakan ini bertujuan untuk menumbangkan kekuasaan bangsa Manchu yang dianggap sebagai pemerintah asing. Faktor penyebab terjadinya revolusi nasional di Cina pada tahun 1911 sebagai berikut.
1) Timbulnya angkatan baru berpaham modern yang memperoleh pendidikan Barat. Mereka mencita-citakan adanya Cina baru modern dan jaya.
2) Pemerintah Manchu dianggap pemerintah asing yang kolot dan tidak memikirkan keperluan rakyat.
3) Terjadinya peristiwa Wuchang Day. Pada tanggal 9 Oktober 1910 rumah yang dijadikan tempat menyembunyikan mesiu meledak. Sebelum terjadi tindakan apa pun dari pemerintah Manchu, pagi harinya tanggal 10 Oktober 1911, kaum nasionalis mengumumkan berdirinya Republik Cina.
Republik Cina pada mulanya hanya berperan di Cina Selatan dengan Nanking sebagai ibu kotanya. Di Cina Utara kekuasaan Manchu di bawah Kaisar Pu Yi masih ada. Kaisar Pu Yi pada saat itu masih kanak-kanak sehingga segala urusan pemenntahan berada di tangan Jenderal Yuan Shih Kai.
Untuk menghindari jatuhnya korban, Dr. Sun Yat Sen berunding dan menyerahkan pimpinan kepada Jenderal Yuan Shih Kai. Tanpa pertumpahan darah, kekuasaan Manchu dapat diakhiri sejak tanggal 12 Februari 1912. Kaisar Pu Yi dapat tinggal di Manchuria dengan gaji cukup. Yuan Shih Kai pun menjadi Presiden Republik Cina yang wilayahnya mencakup seluruh Cina.
Dr. Sun Yat Sen mendirikan Partai Nasionalis Cina (Kuo Min Tang) dan melaksanakan Trisila yang dikenal dengan ajarah San Min Cui. Ajaran ini memuat nasionalisme,

No comments:

Post a Comment