Kelas maya atau yang biasa disebut virtual class merupakan
bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan,
merupakan perubahan proses belajar mengajar konvensional menjadi bentuk
digital.
Proses pembelajaran kelas maya dapat berjalan apabila didukung dengan pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai alat dukung.
Peran guru dalam proses
pembelajaran yang mengintegrasikan Teknologi Informasi diharapkan
sebagai fasilitator ( penyedia ), kolaborator, mentor, pelatih, pengarah
dan teman belajar serta dapat memberikan pilihan dan tanggung jawab
yang besar kepada siswa untuk mengalami peristiwa belajar yang real.
Sementara itu,
peran siswa sendiri dalam proses pembelajaran yang
mengintegrasikan Teknologi ini memungkinkan siswa menjadi partisipan
aktif. menghasilkan dan berbagi (sharing)
pengetahuan/keterampilan serta berpartisipasi sebanyak mungkin
sebagaimana layaknya seorang ahli dalam bidangnya, belajar
secara otodidak dan berkolaboratif dengan siswa lain.
FITUR KELAS MAYA.
- Konten yang relevan dengan tujuan belajar.
- Menggunakan metode instruksional seperti contoh dan praktek untuk membantu belajar siswa.
- Menggunakan elemen media seperti kalimat dan gambar untuk mendistribusikan konten dan metode belajar.
- Pembelajaran dapat secara langsung dengan instruktur (synchronous) ataupun belajar secara individu atau otodidak (asynchronous).
- Membangun wawasan dan teknik baru yang dihubungkan dengan tujuan belajar.
JENIS KELAS MAYA
merupakan salah sebuah
aplikasi perangkat lunak untuk perencanaan, pengiriman, dan pengelolaan
kegiatan dalam sebuah organisasi pembelajaran, termasuk pembelajaran
daring (online), ruang kelas virtual, dan program instruktur yang
terpimpin. Contoh dari LMS antara lain; Moodle, Dokeos, aTutor.
LCMS adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk mengelola konten pembelajaran dalam berbagai bidang pelatihan dan pengembangan. LCMS tidak hanya dapat membuat, mengelola, dan memberikan modul-modul pelatihan saja, tetapi juga mengelola dan menyunting (edit) semua bagian yang membentuk sebuah katalog pelatihan. Aplikasi LCMS memungkinkan pengguna untuk membuat, mengimpor, mengelola, mencari, dan menggunakan kembali unit kecil dari konten pembelajaran digital dan aset, yang sering pula disebut sebagai objek pembelajarandapat mencakup file media yang dikembangkan dalam penilaian item, simulasi, teks, gambar atau benda lain yang membentuk konten dalam kursus tersebut diciptakan. Contoh dari LCMS antara lain: Claroline,e-doceo solutions.
jejaring sosial untuk pembelajaran yang terjadi pada skala yang lebih
luas daripada kelompok belajar. Mengingat skala sosialnya yang lebih
besar, media ini bagi sebagian peserta dapat menyebabkan pengubahan
sikap dan perilaku, sedangkan bagi sebagian lain tidak menimbulkan
dampak apa-apa.
Penggunaan jejaring sosial untuk pembelajaran di Indonesia merupakan hal yang baru. Hal yang suka atau tidak
suka harus kita hadapi bersama adalah kenyataan bahwa penggunaan
komputer atau laptop masih jauh dari merata di tanah air kita.
MANFAAT KELAS MAYA
-Di dalam pelaksanaan ‘Virtual Classroom’ terdapat berbagai manfaat yang
diperoleh oleh para pelajar. Pembelajaran yang berasaskan IT mendorong
pelajar untuk meningkatkan pengetahuan dan prestasi mereka di dalam
penggunaan teknologi yang terkini bagi mencapai matlamat mereka. Selain
menambah ilmu mereka juga dapat menaik taraf penggunaan media di dalam
kehidupan seharian mereka.
http://zoefar.blogspot.com/2014/05/kelas-maya.htm
-Selain dari itu, mode pelaksanaan kelas maya ini memerlukan pelajar
untuk berinteraksi dan memberikan pendapat di dalam forum yang telah
disediakan. Melalui forum ini pelajar akan mendapat maklumbalas dan
seterusnya memberi respon yang sewajarnya bagi sesuatu topik yang
dibincangkan. Melalui kaedah ini, pembelajaran, pemikiran kritis dan
kreatif boleh berlaku dengan berkesan. Melalui interaktiviti juga
seseorang pelajar akan mencari maklumat selanjutnya untuk memenuhi
keperluan ingin tahunya dan membina pengetahuan baru mengenai sesuatu
konsep dan kefahaman. Secara tidak langsung ia dapat menjadikan pelajar
sebagai seorang yang berdikari dan peka terhadap pembelajaran yang
dialaminya
No comments:
Post a Comment